CV ARFAM JAYA

Distributor sapronak dan bibit terlengkap ,budidaya peternakan ayam kampung Tasikmalaya

Home Top Ad

TLP : 085222726570

Saat datang musim hujan, ada berbagai macam penyakit ayam yang perlu diwaspadai yang harus perlu diperhatikan yaitu kelembab...

Berbagai macam penyakit ayam yang perlu diwaspadai saat musim hujan




Berbagai macam penyakit ayam yang perlu diwaspadai saat musim hujan

Saat datang musim hujan, ada berbagai macam penyakit ayam yang perlu diwaspadai yang harus perlu diperhatikan yaitu kelembaban litter ataupun bagian bawah kandang (kotoran ayam) dan lingkungan kandang serta gudang penyimpanan pakan dan bahan baku pakan.

1. Kolibasilosis

Sumber air seringkali bercampur dengan air permukaan, saat musim hujan tiba. Hal ini akan memperbesar kemungkinan terkontaminasinya air minum dengan bibit penyakit, termasuk Escherichia coli yang merupakan penyebab penyakit kolibasilosis. Kalau ayam sudah terserang kolibasilosis, akan menimbulkan banyak kerugian diantaranya : gangguan pertumbuhan, penurunan produksi dan kualitas telur serta dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang sulit untuk diobati.

Kolibasilosis dalam saluran pencernaandapat menyebabkan radang usus. Jika dilakukan bedah bangkai maka akan terlihat usus kemerahan, isi usus encer ber warna kekuningan dan bercampur busa. Diagnosa secara tepat dapat dibantu dengan identifikasi dan isolasi kuman.

Pencegahan :
  • Lakukan sanitasi yang ketat baik terhadap kandang, lingkungan kandang, operator dan sumber air.
  • Hindari perlakuan yang dapat meningkatkan stress pada ayam.

Pengobatan :
Ada beberapa jenis bahan aktif antibiotika yang bisa dipilih, antara lain : Neomycin, Colistin, Tetracycline, golongan Sulfa dan Trimethroprim serta turunan Quinolon. Untuk membantu keberhasilan pengobatan, disarankan untuk melakukan uji sensitivitas. Karena saat ini banyak kuman Escherichia coli yang sudah resisten terhadap berbagai jenis antibiotika.

0 coment�rios: